Gadget

Gadget Champions 2021: WD Black SN850 Raih Gelar Best SSD for Gaming

Dengan performa yang unggul dan konsisten, ditambah kompatibilitasnya dengan PC sekaligus PS5, WD Black SN850 layak menjadi SSD andalan para gamer

Seperti biasa setiap tahunnya, tim DailySocial.id/Gadget bersama dengan dua media tekno lain menggelar kegiatan rutin Gadget Champions untuk mengapresiasi produk-produk teknologi terbaik yang hadir di tanah air. Untuk edisi tahun ini, kami bekerja sama dengan dua media teknologi lokal lain, yakni Yangcanggih.com dan Gizmologi.id.

Ada empat kategori utama yang diangkat pada Gadget Champions 2021: Best for Work, Best for School, Best for Content Creation, dan Best for Gaming. Di artikel ini, kami ingin membahas yang lebih spesifik, yakni Best SSD for Gaming.

Pilihannya jatuh pada WD Black SN850, sebuah SSD NVMe PCIe 4.0 dengan salah satu performa yang paling top di pasaran saat ini. Tidak tanggung-tanggung, variannya yang berkapasitas 1 TB menawarkan kecepatan baca hingga 7.000 MB per detik dan kecepatan tulis hingga 5.300 MB per detik, serta mendukung hingga 1.000.000 IOPS (input/output operations per second).

Dengan performa sekencang itu, tidak ada lagi yang namanya bosan menunggu proses loading game, entah Anda memasangkannya di PC ataupun laptop. Selain varian 1 TB, WD turut menawarkan varian dengan kapasitas 500 GB dan 2 TB.

Istimewanya, kinerja yang sangat mumpuni ini tak hanya dapat dinikmati oleh para gamer PC saja, melainkan juga kalangan gamer konsol, spesifiknya PlayStation 5. Seperti yang kita tahu, konsol terbaru Sony tersebut hadir membawa satu slot M.2 ekstra yang bisa dipakai untuk memperluas penyimpanannya. Masalahnya, kita tidak bisa sembarangan menyelipkan SSD karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar perangkat bisa berfungsi tanpa kendala.

Salah satu syarat yang agak menyulitkan adalah terkait bentuk dan dimensi heatsink milik SSD. Kalau heatsink-nya kelewat tebal, maka SSD-nya tidak akan muat di PS5. Tanpa heatsink, maka SSD bakal kepanasan dan menurun drastis kinerjanya.

Kabar baiknya, heatsink bawaan WD Black SN850 telah memenuhi spesifikasi dari Sony, dan pengguna bisa langsung memasang SSD ini ke PS5 tanpa harus khawatir mengenai isu kompatibilitas. Sebagai bonus, kinerjanya pun lebih gegas ketimbang SSD internal PS5 (yang sendirinya sebenarnya sudah sangat kapabel).

Bonus tambahan lainnya, heatsink low-profile tersebut juga dilengkapi pencahayaan RGB sehingga bisa membantu mempercantik tampilan PC. Urusan reliabilitas, WD Black SN850 didukung oleh garansi resmi selama 5 tahun.

Performa yang unggul dan konsisten, ditambah kompatibilitasnya dengan PC sekaligus PS5, membuat WD Black SN850 layak mendapat gelar Best SSD for Gaming. Buat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai WD Black SN850, Anda bisa langsung berkunjung ke official store WD.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh WD.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter