Categories

Berita

Kantongi Pendanaan Seri A, Platform Kebersihan On-demand "OKHOME" Perluas Layanan

Layanan OKHOME mencakup general cleaning, desinfeksi, dan perawatan atau servis AC; baru hadir di Jabodetabek dan Surabaya

Yenny Yusra - 29 November 2021

Diluncurkan sejak tahun 2017, OKHOME hadir sebagai layanan on-demand untuk jasa kebersihan rumah. Startup ini didirikan oleh dua warga negara Korea Selatan yaitu Kim Dae-hyun and Choi Jin-suk. Kedua co-founder tersebut sebelumnya bekerja dalam divisi strategi dan manajemen perusahaan hiburan terkemuka YG Entertainment.

Selama tinggal di Indonesia, keduanya melihat potensi untuk mengembangkan layanan kebersihan di Indonesia. Kepada media setempat mereka menyebutkan, menemukan bahwa paradigma jasa kebersihan berubah menjadi sebagian besar pekerjaan paruh waktu setelah upah minimum naik menjadi dua digit.

"Di Indonesia, keluarga kaya biasanya mempekerjakan pembantu rumah tangga di rumah dengan bayaran antara $80 hingga $250 per bulan," kata Kim.

Layanan yang dihadirkan OKHOME mencakup general cleaning, desinfeksi, dan perawatan atau servis AC. Saat ini layanan mereka mencakup Jabodetabek dan Surabaya.

OKHOME secara aktif menargetkan pelanggan Indonesia dengan sistem manajemen kualitas layanan dan sistem reservasi otomatis berbasis aplikasi. Dengan populasi target masyarakat yang lebih sadar akan kebersihan dari sebelumnya setelah pandemi Covid-19, OKHOME mengklaim saat ini berkembang pesat sebagai platform operator layanan kebersihan rumah pilihan di Indonesia.

Pada Januari 2018 lalu, OKHome telah mendapatkan pendanaan awal sebesar $300 ribu atau setara 4,3 miliar Rupiah dari K-Cube Ventures dan Spring Camp yang didukung Daum Kakao. Pendanaan tersebut kemudian digunakan untuk branding dan pengembangan teknologi.

Sementara akhir tahun 2021 ini, OKHOME baru saja mengantongi pendanaan seri A senilai $3 juta atau sekitar Rp42,7 miliar. Dana segar tersebut diperoleh dari Posco Venture Capital, A Ventures, ES Investor, Enlight Ventures, Honest Ventures, dan beberapa investor lainnya.

Selanjutnya perusahaan akan akan menggunakan modal tersebut untuk meningkatkan pangsa pasarnya melalui pengembangan produk dan strategi pemasaran yang agresif, memanfaatkan efek penguncian pelanggan melalui peluncuran layanan tambahan selain pembersihan, dan memperluas posisinya sebagai pemain utama di layanan ini.

Selain itu, OKHOME juga berusaha membantu pelanggan untuk tidak menghabiskan waktu dan energi mereka untuk hal-hal seperti beberapa pekerjaan rumah tangga dengan menyediakan layanan yang dapat diandalkan.

Pertumbuhan layanan jasa kebersihan di Indonesia

Indonesia telah menjadi salah satu pasar terbesar untuk layanan kebersihan dan perawatan rumah. Dengan market size lebih dari $25 miliar, pasar ini didukung dengan populasi terbesar ke-4 dunia dan dengan pertumbuhan masyarakat kelas menengah yang cepat.

Meskipun memiliki permintaan yang cukup besar dari masyarakat, namun saat ini masih belum ada pemain layanan kebersihan berbasis aplikasi yang kemudian menjadi pemain unggulan. Masih belum menyebarnya area layanan ke semua lokasi, menjadi salah satu alasan mengapa layanan jasa kebersihan belum ada yang mendominasi di Indonesia.

Salah satu cara yang kemudian dilancarkan oleh pemain adalah melakukan kolaborasi dengan super app. Di antaranya adalah  Pinhome yang menggandeng Gojek; Sejasa melalui layanan Clean & Fix yang menggandeng Grab; dan KliknClean yang menggandeng Bukalapak. Platform layanan kebersihan lainnya yang sudah ada di Indonesia di antaranya adalah, Seekmi, Adain dan TukangBersih.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter