Survei

Laporan DSInnovate: Bank Digital di Indonesia 2021

Mendalami konsep, ekosistem, studi kasus, hingga pengalaman pengguna bank digital di Indonesia

Tahun 2021 menjadi tonggak penting bagi industri finansial. Beberapa inisiatif berbasis bank digital muncul, baik dari pemain legasi maupun bisnis digital baru. Tujuannya untuk menghadirkan layanan keuangan komprehensif yang lebih mudah diakses, terintegrasi dengan ekosistem digital, dan terpersonalsiasi.

Potensinya memang sangat besar, misalnya saat meninjau dari tingkat kepemilikan akun bank di kalangan usia produktif -- belum lagi potensi dari pengguna baru dari kalangan digital-savvy.

Untuk mendalami perkembangan bank digital di tahun awalnya, DSInnovate meluncurkan publikasi riset bertajuk "The Rise of Digital Banking in Indonesia". Terdapat lima fokus utama yang disorot dalam laporan ini, sebagai berikut:

  1. Definisi dan Konsep Bank Digital; mendalami tentang konsep dasar bank digital, serta apa yang membedakannya dengan aplikasi internet banking yang sudah ada sebelumnya.
  2. Ekosistem Bank Digital di Indonesia; melihat perkembangan ekosistem bank digital di Indonesia, serta daftar pemain yang sudah mulai mengakomodasi pangsa pasar.
  3. Studi Kasus; mempelajari perkembangan beberapa bank digital yang sudah meluncur beberapa bulan terakhir, terkait dengan produk hingga traksi layanan mereka.
  4. Bank as a Services; mengeksplorasi peluang BaaS sebagai model bisnis bank digital ke depannya, saat layanan bank digital menjadi sebuah layanan yang dapat disematkan ke berbagai layanan digital.
  5. Pengalaman Pengguna; mencoba merasakan pengalaman pengguna saat on-boarding ke sebuah aplikasi bank digital di Indonesia.

Dalam laporan ini disampaikan beberapa data menarik. Misalnya tentang bagaimana perusahaan bank digital dilahirkan, baik yang dari industri finansial maupun nonfinansial. Dicatat juga mengenai ukuran pasar bank digital, secara global nilainya diperkirakan sudah mencapai $12,1 miliar pada 2020 dan akan bertumbuh hingga $30,1 miliar di 2026 dengan CAGR 15.7%. Sementara di Indonesia saat ini sudah ada 12 aplikasi bank digital yang bisa digunakan masyarakat.

More Coverage:

Investasi Semakin Ketat, Ekosistem Startup di Indonesia Tetap Pesat

Selain itu, masih banyak temuan menarik yang dirangkum dalam laporan. Selengkapnya, unduh secara gratis laporan melalui tautan berikut ini: The Rise of Digital Banking in Indonesia 2021.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again